MALAIKAT ALLAH

1.      Mengapa malaikat selalu taat kepada Allah Swt., sedangkan manusia tidak?
Jawab :
Karena malaikat dijaga hatinya oleh Allah. Sedangkan manusia hatinya selalu digoda oleh setan. Oleh karena itu, ada manusia yang baik dan ada manusia yang memiliki pribadi buruk.

2.      Tulislah sebuah ayat beserta artinya yang menjelaskan gambaran malaikat.
Jawab :

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya : “Segala puji bagi Allah Swt. pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah Swt. Mahakuasa atas segala sesuatu” (Q.S. Al-Faatir/35:1)

3.      Jelaskan tentang Malaikat Jibril.
Jawab :
Malaikat jibril memiliki beberapa nama lain atau julukan, diantaranya adalah Ruh Al-Amin dan Ruh Al-Qudus. Tugas utamanya adalah menyamapikan wahyu dari Allah kepada para nabi dan Rasul-Nya.

4.      Sebutkan minimal 5 contoh pengamalan dari iman kepada malaikat.
Jawab :
- Berkata dan berbuat jujur
- Patuh dan taat kepada hukum Allah
- Melaksanakan tugas dengan tanggung jawab
- Berhati-hati dalam bertindak dan berucap
- Peduli terhadap lingkungan/sosial

5.    Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt.? Jelaskan.
Jawab :
Karena iman kepada malaikat ada dalam rukun iman ke-2. Selain itu ada dalil yang menunjukkan kewajiban kita untuk beriman kepada malaikat, yaitu Q.S. Al-Baqarah ayat 285, Q.S. An-Nisa’ ayat 136.

Komentar